PRURide 2020 Virtual Ride, Event Sepedaan Masa Kini

Di tengah pandemi seperti sekarang, memperkuat daya tahan tubuh sangatlah penting. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan daya tahan tubuh adalah dengan makan makanan sehat, tidur yang cukup dan teratur, serta berolahraga secara rutin.


Olahraga yang sering saya lakukan adalah bersepeda, karena selain simpel, bersepeda sangatlah mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu, dengan bersepeda kita juga membantu mengurangi pemakaian kendaraan bermotor sehingga kita juga turut andil dalam mengurangi asap polusi kendaraan yang ada di lingkungan sekitar kita.

Bermanfaat sekali kan? 

Sayangnya, sebagai penggemar bersepeda tentunya masa pandemi ini menjadi hambatan bagi saya dalam mengikuti acara bersepeda yang bergengsi. Untungnya saya tidak menyerah mencari, dan dipertemukanlah saya dengan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride. Sebuah ajang bersepeda paling bergengsi di tahun 2020 ini.

PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride merupakan acara bersepeda virtual pertama di Indonesia yang diadakan oleh Prudential Indonesia. Tujuannya adalah dengan diadakannya kegiatan ini, para pesepeda tetap bisa mengikuti event sepeda dan membuktikan kemampuan dirinya dalam menaklukkan tantangan yang diberikan meski di tengah pandemi yang melanda.

PRURide 2020 Virtual Ride itu sendiri berlangsung dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 23 Agustus 2020 yang serentak diadakan di seluruh tempat di Indonesia. Dengan bantuan aplikasi khusus yang telah disediakan, para peserta dapat bersepeda di rumah aja atau mengelilingi lingkungan sekitar rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak aman. 

Ada 2 jenis kategori PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride yang dapat dipilih peserta. 2 jenis kategori tersebut adalah Medio Fondo dengan target jarak 70 kilometer dan Gran Fondo dengan target jarak sejauh 135 kilometer. Peserta dapat menyelesaikan track tersebut sekaligus selama satu hari atau secara bertahap dengan batas maksimal 4 hari. 

instagram.com/travelloth
Sumber: https://instagram.com/travelloth


Jumlah peserta PRURide Indonesia Virtual Ride tahun ini sebanyak 3.000 orang dengan peserta termuda 16 tahun dan perserta tertua 70 tahun, yakni Bapak Dodi. Saya salut banget dengan beliau, di usianya yang senja beliau masih tetap semangat mengikuti acara olahraga ini. Para peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan yang telah ditentukan oleh PRURide Indonesia 2020, diberikan MedaLink, yaitu mendali unik yang dapat terhubung dengan mendali PRURide Indonesia 2021 yang akan diselenggarakan tahun depan.


PRURide Indonesia 2020 Closing Event. 

Senin, 24 Agustus 2020 Prudential menyelenggarakan PRURide Indonesia 2020 Closing Event secara virtual melalui zoom untuk para media dan blogger. Suatu kehormatan bagi saya bisa diundang di acara ini. PRURide Indonesia 2020 Closing Event merupakan talkshow dengan Pak Luskito Hambali (Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia), Pak Chaidir Akbar (Experienced Cyclist) dan Ibu dr. Amira Anwar, Sp.P (Finisher PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride Kategori Gran Fondo). 

Bapak Luskito Hambali berharap bahwa acara PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride dapat menjadi solusi bagi para pecinta sepeda agar tetap dapat mengikuti event sepeda meski di tengah pandemi yang berlangsung dan terus untuk menjalani gaya hidup yang sehat. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menggalang dana. Setiap 1 kilometer yang berhasil ditempuh peserta akan dihargai dengan Rp 1.000,- dan uang tersebut akan disumbangkan ke tenaga medis di seluruh Indonesia melalui Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI). Total jarak tempuh yang berhasil diraih para peserta adalah 226.646 kilometer yang jika dikonversikan ke rupiah menjadi 226.646.000 Rupiah yang kemudian donasi tersebut dibulatkan oleh pihak Prudential menjadi sebesar Rp 300.000.000,-     

Dr. Amira juga memberikan tips aman bersepeda saat pandemi. Yang pertama, pakai masker saat bersepeda di luar rumah. Jika merasa susah bernafas karena pakai masker, cari tempat yang sepi sehingga masker bisa dilepas. Kedua, jaga jarak aman saat bersepeda, sebaiknya bersepeda dengan orang terdekat saja seperti keluarga. Ketiga, istirahat yang cukup. Kelima, makan makanan yang bergizi. Yang terakhir, segera pulang ke rumah setelah selesai bersepeda, hindari kumpul-kumpul, langsung mandi dan ganti pakaian. 

Demikianlah sharing saya mengenai PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride. Semoga dapat bermanfaat. Semoga di tengah kesulitan yang ada saat ini, tidak menghalagi kita untuk tetap bisa produktif dan memilih gaya hidup yang sehat. 

Selain aku, siapa yang juga udah ga sabar buat ikutan PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride? Sampai bertemu di PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride!

Comments

  1. aku akan lebih memilih bersepeda di tempat sepi sih biar bisa lepas masker, kadang suka pengap kalau olahraga sambil pakai masker gini

    ReplyDelete
  2. PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride ini kreatif ya, acaranya cocok dengan masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  3. Salut sama Bapak Dodi peserta tertua. Menandakan kalau usia tidak jadi patokan untuk bisa berolahraga dan menyalurkan hobi ya
    Salam gowes...

    ReplyDelete
  4. Luar biasa ya keantusiasan dari peserta ini sampai 3000, dan kemudian terkumpul donasi final 300jt. Senang rasanya mendengar banyak dukungan untuk nakes dlm penganggulangan corona ini

    ReplyDelete
  5. seru banget sih PRU Ride, pas banget lagi happening kan nih orang-orang pada lagi suka main sepeda yaa

    ReplyDelete
  6. Pesertanya banyak juga ya? Tiga ribu orang lho. Plus ada donasi pula. Ini nggak cuma keren tapi, heibat!

    ReplyDelete
  7. Daku lg sering2nya gowes. Prudential tau bgt yg lg hype di jaman now y

    ReplyDelete
  8. Wah, jadi nanti aktivitas bersepedanya terekam dalam aplikasi khusus itu, ya. Hihihi ... Aku belum kebayang euy. Tapi seru juga ya. Berkat kecanggihan teknologi digital, nih. Sepedaan aja bisa virtual, loh. Apalagi ada program donasinya juga. Sehat lahir batin, InsyaAllah.

    ReplyDelete
  9. Tips bersepeda ini penting banget di masa pandemi ini, soalnya di lingkunganku juga banyak yang bersepeda

    ReplyDelete
  10. Program keren nih sehat lahir batin jadinya. Asalnya dulu ga kebayang apa yang dimaksud dengan sepedaan virtual itu setelah banyak temen2 yang infoin di IG atau blog jadi paham deh hehe

    ReplyDelete
  11. Beberapa catatan penting buat saya pribadi saat bersepeda di kala pandemi dari tulisan ini adalah "Jika merasa susah bernafas karena pakai masker, cari tempat yang sepi sehingga masker bisa dilepas. Kedua, jaga jarak aman saat bersepeda, sebaiknya bersepeda dengan orang terdekat saja seperti keluarga. " Noted.

    ReplyDelete
  12. Wah, saya juga pengen ikut PRURIDE virtual ride 2021 doong... Kayaknya asyik banget saat acara. Seru membacanya

    ReplyDelete
  13. Jaman pandemi gini memang olahraga menjadi salah satu hobi masyarakat karena mudah Dan dapat dilakukan kapan saja

    ReplyDelete
  14. wuah hobi yg paling hippie disaat saat pandemik nih yakan mas. hehehhehe. informatif ya ini artikelnya

    ReplyDelete

Post a Comment