5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita

Banyak orang berpikir bahwa hidup hemat pasti menderita. Sesungguhnya kita bisa melakukan hal-hal kecil yang mudah agar bisa berhemat. Uang yang tadinya keluar untuk hal tidak perlu, dapat dimanfaatkan untuk ditabung. Dengan menabung, keuangan kita akan menjadi baik dan masa depan kita akan terjamin. Selain itu, apabila terjadi hal darurat, kita tidak perlu panik karena telah memiliki uang cadangan.

Berikut 5 cara mudah untuk hidup hemat yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bawa botol minum dari rumah
Membeli minum air mineral sebotolnya seharga Rp 3.000 – Rp 4.000. Untuk seharinya kamu bisa menghabiskan 2 botol. Pengeluaranmu akan bertambah sekitar Rp 7.000 hanya untuk air mineral. Biasakan membawa botol minum dari rumah yang sudah diisi penuh jika ingin keluar rumah termasuk ketika berjalan-jalan. Dengan membawa botol minum, kamu dapat mengisinya apabila sedang di rumah teman atau apabila ada fasilitas penyediaan air minum gratis. Membawa persediaan air pun akan mencegah kamu membeli minuman ketika sedang berada di cafe / mall, minuman disana cukup menguras dompet karena harganya sekitar Rp 15.000 – Rp 40.000

2. Bawa bekal dari rumah
Sebelum berpergian, makanlah dahulu di rumah. Hal ini berguna untuk mengurangi pengeluaranmu. Perut yang kenyang pun dapat mengantisipasi kamu untuk jajan-jajan makanan dan menghindari laper matamu. Apabila masih merasa kenyang sebelum berangkat, kamu dapat membawa makanan bekal yang dapat dimakan nanti. Untuk kamu yang terpaksa membeli makanan karena tidak ada makanan di rumah, kamu dapat memilih membeli makanan di warteg atau pedagang di pinggir jalan agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

3. Bawa uang tunai secukupnya
Tentukan budget pengeluaranmu, usahakan untuk menggunakan uang di bawah budget yang telah ditentukan. Ketika ingin keluar rumah, bawalah uang tunai secukupnya sesuai dengan budget yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Uang dari hasil penghematanmu juga dapat kamu tabung sehingga tabunganmu terus bertamabah banyak.

4. Hemat dalam berbelanja
Sebelum berbelanja, buatlah terlebih dahulu daftar barang yang ingin dibeli. Cobalah untuk berbelanja sesuai dengan daftar yang telah dibuat. Kamu boleh memanfaatkan potongan harga apabila barang tersebut memang barang yang kamu butuhkan. Jangan sampai tergiur barang promo yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

5. Bataskan kebiasaan hangout
Tentukan jumlah nongkrong di luarmu, contohnya maksimal 1-2x dalam sebulan. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaranmu karena pengeluaran hangout cukup banyak mulai dari transportasi, makan dan minum. Selain itu, kamu juga akan tergiur untuk membeli barang-barang menarik hati yang kamu mungkin lihat. Apabila tidak hangout, kamu dapat menghabiskan waktu dengan hiburan rumahan seperti menonton tv atau bermain game. Kamu pun dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengerjakan tugas atau untuk mengembangkan hobi.

Demikian beberapa cara untuk menghemat pengeluaranmu sehingga uang atau tabunganmu dapat menjadi lebih banyak. Dari tips diatas, tips mana yang belum kamu lakukan?



Comments