5 Fitur Keren Telegram yang Wajib Kamu Ketahui

Telegram sebuah aplikasi untuk mengirim pesan melalui internet. Telegram dapat dinikmati melalui smartphone maupun Personal Computer (PC). Aplikasi ini dapat dinikmati secara gratis. Selain untuk mengirim pesan, kamu juga bisa mengirim foto ataupun video melalui aplikasi ini. Kurang lebih telegram itu seperti LINE atau WhatsApp.

Kalau sama aja kaya LINE/Whatsapp, untuk apa pakai aplikasi Telegram? Berikut adalah kelebihan telegram dibandingkah Messenger Chat lain:

1. Lebih cepat dalam mengirim pesan.

Jika jaringan internet aku sedang tidak stabil, biasanya aku memilih untuk chatting melalui aplikasi telegram. Karena selain lebih cepat, penggunaan telegram juga lebih hemat kuota internet. Selain itu memory penyimpanan yang dipergunakan aplikasi ini juga lebih kecil dibanding aplikasi chat lainnya. Berikut adalah perbandingannya (perbandingan memakai jumlah memory pada aplikasi messenger yang ada di HPku):
  • LINE 1,2 GB
  • WhatsApp 200 MB
  • Telegram 70 MB

    2. Dapat mengirim file yang ukurannya besar.

Sering kesulitan mengirim file berukuran besar melalui aplikasi messenger? Telegram adalah solusinya! Selain mendukung berbagai macam jenis file seperti pdf, doc, xls, zip, mp3, dan lain-lain dengan batas maksimal 1.5 GB per file. Sangat besar bukan? Bahkan lebih besar dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp yang hanya memberikan ukuran maksimal 16 MB.

3. Dapat diakses dalam berbagai perangkat dalam waktu bersamaan.

Nah, ini salah satu kelebihan telegram yang paling aku suka. Untuk kamu yang punya gadget lebih dari satu, kamu bisa mengakses telegrammu di gadgetmu yang mana pun. Fitur ini sangat membantu aku yang punya handphone lebih dari satu. Aku tidak perlu membuat akun 2 id, cukup 1 id tetapi bisa diakses di semua gadgetku.

4. Terdapat fitur channel dan bot.
Selain untuk mengirim pesan, kamu juga bisa membaca berita, mecari lagu, film atau bahkan bermain game. Channel dan bot apa saja yang ada di telegram?

Berikut adalah 5 fitur telegram pilihan yang paling bermanfaat:

1. Download Lagu

Kesulitan download lagu di website internet? Bot telegram @vkmusic_bot bisa jadi solusi. Ada beberapa bot untuk download lagu, cuma yang ini yang biasa aku pakai karena lagu di bot ini lengkap dan hasilnya muncul dengan cepat. Caranya gampang banget kamu cukup ketik judul lagu atau dan penyanyi lagu tersebut. Lalu akan muncul pilihan seperti berikut. Lalu klik nomor berapa yang ingin kamu pilih, aku sih biasa pilih yang nomor 1. Tinggal pencet tombol panah ke bawah. Dan selesai~

Untuk kamu yang simpan lagunya ke memory handphone kamu, pencet titik 3, lalu klik download. Untuk kamu yang mau download top songs dari seorang penyanyi, cukup ketik nama penyanyi yang kamu inginkan. Lalu akan muncul lagu-lagu top dari penyanyi tersebut, tinggal pilih lagu mana yang mau kamu download. Praktis banget kan!

2. Download Film
Untuk kalian yang suka nonton film, daripada repot skip-skip advertisement bejibun di web film, download film dari channel @RickyChristanto aja! Jika kamu ingin mendownload film, kamu cukup search film yang kamu mau, lalu klik tombol panah ke bawah. Caranya sama seperti download lagu, setelah download selesai, klik titik 3 lalu klik save to downloads.

3. Convert Video


Kamu mau ubah video jadi lagu? Copy link video yang ingin kamu konversikan. Search dan join channel @dwnmp3bot, paste link video yang telah kamu copy, tunggu beberapa saat. Ketika sudah muncul hasilnya, klik panah ke bawah. Walau belum selesai mendowload mp3 tersebut, kamu sudah bisa dengar loh. Asyik banget kann.

4. Convert Sticker
Jika kamu ingin memindahkan stiker-stiker telegram kesukaanmu ke whatsapp, bisa banget loh. Cukup join channel @stickerset2packbot, lalu ketik /newpack, kirim sticker-sticker atau link stiker yang kamu inginkan lalu ketik /finish. Setelah pack stickers selesai, extract stickers tersebut. Kemudian, masukan ke aplikasi stickers whatsapp. Selesai. Jika masih kurang jelas, bisa klik disini.

5. Mencari Pekerjaan
Untuk kamu yang sedang mencari kerja, kamu bisa join channel-channel lowongan kerja. Berikut adalah beberapa contoh diantaranya @infolokerjakarta @loker_jabodetabek @loker_jateng @lokerjogja @infolokerbandung @infojabar dan @loker_banten. Biasanya channel dibagi berdasarkan regional. Berikut adalah contoh lowongan yang ada di channel / grup lowongan kerja. Semoga berhasil!


Kamu punya rekomendasi bot menarik yang bermanfaat? Share di kolom komentar.

Comments