Berbagi Rasa dalam HUT BUMN ke 21


Selamat malem guys, beberapa hari lalu merupakan hari yang spesial banget. Kenapa? Karena aku dapet kesempatan untuk nonton talkshow Paradigma secara langsung dari studio UseeTV. Seperti biasa, acara ini dibawa oleh duo mantul yakni Kak Vina yang cantik dan Kak Bisma yang lucu dengan gaya khas mereka yang santai dan kekinian membuat penonton semakin betah untuk menyimak talkshow yang ada. Untuk malam itu ada 4 narasumber yakni Pak Fajar Harry yang merupakan Deputi KBUMN, Pak Yossi Istanto yang merupakan Direktur Human Capital BTN, Kak Rendy Herison dan Wendy Marc yang merupakan influencer sekaligus penyanyi.

HUT BUMN jatuh pada tanggal 13 April 2019 dan untuk tahun ini dirayakan serangkaian acara mulai dari 1 bulan sebelum sampai 1 bulan sesudah tanggal tersebut. Sejak tahun 2016, 3 tahun terakhir, pada momen HUT BUMN terbuka untuk masyarakat umum sehingga masyarakat umum dapat terlibat. HUT BUMN ini diadakan secara bersama, agar perusahaan BUMN satu sama lain semakin erat dan mampu memberikan kontribusi ke masyarakat secara bersinergi. Melalui perayaan HUT BUMN yang dirayakan secara nasional, diharapkan anggota keluarga besar BUMN semakin mengenal satu sama lain dan memiliki hubungan yang semakin erat.

Apa saja rangkaian acara HUT BUMN ke 21?
1. Fun Walk
Dalam rangka memperingati ulang tahun BUMN ke-21, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengadakan acara Fun Walk di Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu 10 Maret 2019. Fun Walk tersebut diikuti oleh 10.000 peserta. Para peserta Fun Walk merupakan pegawai PT KAI beserta keluarga, pegawai BUMN di Kota Bandung. Selain itu, para milenial BUMN, dan masyarakat Kabupaten Bandung juga turut serta dalam Fun Walk HUT BUMN 2019. Peserta fun walk dilepas oleh Menteri BUMN Rini Sumarno. Jarak Fun Walk tersebut adalah 5,4 kilometer. Dengan jalan sehat bersama ini, diharapkan dapat membangun kebersamaan dan sehat jiwa raga.
Dalam kegiatan ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga mengadakan program Pasar Murah KAI “Paket Pangan Murah” yang merupakan penjualan paket sembako murah kepada masyarakat. PT KAI memberikan potongan harga paket sembako senilai Rp 42.500 yang dapat dibeli oleh masyarakat hanya dengan harga Rp 10.000. Sembako yang disediakan jumlahnya sebanyak 1.000 paket sembako. Melalui bermacam hiburan di Fun Walk BUMN 2019 ini, KAI beserta BUMN lain memperkenalkan produk-produk unggulan ke masyarakat Kabupaten Bandung.

2. BUMN Goes to Campus
Pada acara HUT ke 21 BUMN, para BUMN mendatangi kampus-kampus yang ada di Indonesia. Sebanyak 10 kampus dari 10 kota didatangi oleh BUMN. Rangkaian acara yang diadakan di kampus yang didatengi BUMN adalah melakukan seminar yang dengan bintang tamu CEO, kelas kreatif, vokasi bersetifikasi dan magang. Diberikan pula sertifikat kepada mahasiswa-mahasiswa peserta magang bersertifikat (PPMB) da kelas terampil.

3. Bersih-bersih Desa
BUMN juga mencoba memperhatikan kesejahteraan rakyat desa dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih desa. Para warga desa dan karyawan BUMN bahu membahu membersihkan desa. Kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan sungai dan danau, memperbaiki jalan, memperbaiki sarana dan prasarana, menanam pohon, memperbaiki MCK, membuat kampung digital, dan memberikan dryer atau pendingin kepada warga kampung nelayan dan petani.

Sebagai tambahan informasi, Bank BTN memilki produk unggulan untuk anak muda loh yang diberi nama dengan KPR Gaess. KPR Gaess adalah produk kredit hunian yang disediakan oleh BTN. Dengan adanya KPR Gaesss, diharapakan dapat memudahkan generasi milenial untuk mendapatkan hunian baik rumah tapak maupun apartemen dengan mudah cepat dan terjangkau. 

KPR Gaess memiliki beberapa keunggulan sebagai program kredit pemilikan rumah bagi masyarakat milenial. Keunggulannya yang pertama yaitu Bank BTN memasukkan biaya proses KPR dalam plafon kredit dan nasabah tidak perlu mengendapkan dananya di rekening. Kedua, suku bunga kredit yang diberikan hanya 8,25% dan telah fix selama 2 tahun. Kedua, KPR Gaess menawarkan uang muka atau DP minimal 1% khusus untuk rumah pertama.
Ketiga, BTN memberikan diskon 50% untuk biaya provisi dan biaya administrasi. Keempat, KPR Gaess mempunyai tenor yang panjang. Untuk kredit pemilikan apartemen (KPA) diberikan tenor hingga 20 tahun, sedangkan untuk kredit pemilikan rumah dapat mencapai 30 tahun. Kelima, KPR Gaess ini dikemas bersama dengan KPR Zero, yaitu para debitur bisa mendapatkan cuti membayar utang pokok hingga 2 tahun.

Di segmen akhir Paradigma, Kak Wendy Marc sharing pengalamannya saat mengikuti event BUMN. Ia merasa event HUT BUMN ini sangat menyinergikan BUMN satu dengan BUMN lainnya. Dalam acara Fun Walk semua peserta baik karyawan maupun masyakarat biasa semuanya berlari. Bahkan petinggi-petinggi dari BUMN pun ikut berlari, sehingga tidak ada barrier antara petinggi BUMN, karyawan BUMN maupun masyarakat umum yang ikut terlibat di acara tersebut.
Wah aku setuju banget nih, anak muda kaya akun emang suka banget acara-acara seru kaya Fun Walk. Karena kita yang sehari-hari berkutat di depan komputer, butuh banget hiburan. Fun Walk selain seru, juga menyehatkan. Cocok banget sama kita yang jarang olahraga karena punya segudang kesibukan. Dan emang anak muda suka banget ke acara seru dimana dia bisa upload konten untuk post atau story instagramnya, biar bisa makin eksis di sosial media.
Oh ya, saat menonton live paradigma kemarin, para penonton yang hadir diberikan diberi kesempatan untuk bertanya, aku pun mengajukan diri untuk bertanya. Aku pun bertanya mengapa HUT BUMN yang ke 21 memakai logo badak. Pak Harry pun menjawab, HUT BUMN ke 21 mengambil badak Jawa sebagai logonya untuk menyimbolkan bahwa BUMN itu besar, kuat dan lincah. Karena badak Jawa meskipun ukurannya besar tetapi memiliki kelincahan yang tinggi.

Kamu punya harapan untuk BUMN? Share di kolom komentar ya.

Comments