5 Wisata Persawahan di Indonesia yang Paling Cantik

Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagaian besar mata pencarian penduduknya adalah petani. Maka bukan hal yang aneh jika di Indonesia terdapat banyak persawahan yang membentang. Selain digunakan untuk bercocok tanam, sawah ternyata juga memiliki keindahan tersendiri. Saking indahnya persawahan tersebut, menarik perhatian para wisatawan dan dijadikan destinasi wisata. Berikut ini 5 persawahan yang paling indah di Indonesia.

1. Sawah Tegalalang, Bali.
Tempat ini merupakan destinasi wisata persawahan yang paling terkenal di dunia. Destinasi ini terletak di Desa Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali di dekat Gunung Kawi. Perjalanan ke tempat ini sekitar 1 sampai 1.5 jam dengan berkendara. Didatangi banyak pengunjung membuat kawasan ini dikelilingi kafe-kafe dan resto-resto. Kamu dapat menyantap makanan lezat sambil menikmati pemandangan hijau yang luar biasa indah.

Apabila mau mengenal lebih dekat persawahan di Tegalalang ini, kamu dapat turun langsung ke sawah. Kamu akan mengetahui lebih dalam tentang sistem irigasi, teknik pengolahan padi dan cara pembibitan. Waktu yang cocok untuk mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari, ketika matahari sudah mulai terbenam dikarenakan lokasinya yang menghadap ke Timur.

2. Sawah Jatiluwih, Bali.
Sawah terasering Jatiluwih merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Bali. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali. Desa Jatiluwih dikenal sebagai desa yang tetap memakai sistem pengairan sawah tradisional. Lokasinya berada di dekat pegunungan Batukaru. Untuk sampai ke lokasi ini dibutuhkan waktu 1-2 jam dengan berkendara dari Denpasar.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat Februari sampai dengan April, ketika tanaman padi sedang tumbuh tinggi. Di tempat ini juga terdapat kegiatan wisata seperti bersepeda dan hiking. Untuk kamu yang mau menginap juga terdapat beberapa pondok wisata di daerah ini.

3. Terasering Panyaweuyan, Majalengka.
Terasering Panyaweuyan merupakan tujuan wisata agrowisata di kabupaten Majalengka. Terasering Panyaweuyan berlokasi di Kecamatan Argapura. Untuk sampai ke tempat ini, kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalan cukup baik tetapi agak sempit apabila kendaraan roda empat berpapasan.

Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan khususnya pada akhir pekan. Wisatawan yang datang terdiri dari wisatawan lokal sampai dengan wisatawan mancanegara. Agar menjaga pemandangan Panyaweuyan tetap indah, ketika mengunjungi tempat ini jangan sampai kamu menginjak tanaman pertaniannya ya. Waktu yang cocok untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai dengan pukul 8.

4. Sawah Lingko, NTT.
Destinasi ini berlokasi di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Bentuk persawahan di tempat ini berbeda dengan persawahan pada umumnya. Persawahan di daerah ini membentang melingkar seperti jaring laba-laba membuat kagum para wisatawan yang berkunjung. Penduduk Manggarai mengenal sistem pembagian tanah sawah tersebut dengan nama Lingko. Lingko merupakan tradisi tanah adat yang dipunyai secara komunal dan dibagikan pada warganya sesuai dengan ketentuan adat. Tiga Lingko paling populer di Manggarai adalah Lingko Cancar, Lingko Ratung, dan Lingko Wae Mata.

5. Bukit Pergasingan, Lombok.
Bukit Pergasingan merupakan petak-petak sawah yang tertata rapi dan berwarna-warni. Bukit ini berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl. Bukit ini berlokasi di Desa Sembalun, Lombok Timur. Waktu yang dibutuhkan dari Kota Mataram ke tempat ini adalah sekitar 2-3 jam berkendara. Pendakian di tempat ini tak sesukar mendaki gunung tetapi harus tetap berhati-hati ya. Kemiringan bukit ini sekitar 70 derajat.

Dari 5 destinasi wisata di atas, mana yang menjadi favorit kamu?

Comments